Jumat, 27 April 2012

TEORI EKONOMI MAKRO

TEORI EKONOMI MAKRO

A. Definisi Makro Ekonomi
       Makro Ekonomi adalah studi tentang perekonomian secara menyeluruh termasuk pertumbuhan pendapatan, perubahan harga, dan tingkat pengangguran (N. Gregory Mankiw. 2003)
       Makro berarti besar. Dengan demikian, teori ekonomi makro menganalisis keseluruhan kegitan perekonomian, bersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam peerekonomian (Prathama Rahardja dan Mandala Manurung : 2008)
       Makro ekonomi adalah kajian tentang aktivitas ekonomi makro suatu negara (Andiwarman A. Karim: 2007)

B. Masalah Ekonomi Makro dan Alat Pengamat Prestasi Ekonomi
       Masalah pokok ekonomi makro :
1.       Pertumbuhan Ekonomi
2.       Pengangguran
3.       Inflasi
4.       Masalah Neraca Pembayaran
       Alat Pengamat Prestasi Kegiatan Ekonomi
1.       Pendapatan Nasional
2.       Tenaga kerja dan Pengangguran
3.       Tingkat Inflasi
4.       Neraca Pembayaran dan Kurs Valuta Asing

C. Tujuan dan Kebijakan Makro Ekonomi
       Tujuan Makro Ekonomi, adalah mengatasi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi melaui:
a)      Menstabilkan kegiatan ekonomi
b)      Mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja (kesempatan kerja) penuh tanpa inflasi
c)       Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang teguh
d)      Menghindari masalah inflasi
       Kebijakan Makro Ekonomi
a)      Kebijakan fiskal
b)      Kebijakan moneter
c)       Kebijakan segi penawaran

D. Data-data Penting dalam Ekonomi Makro
                Data ekonomi merupakan sumber informasi yang sistematik dan objektif dari hasil survai yang disajikan secara reguler oleh lembaga atau pemerintah. Data makro ekonomi yang lajim digunakan dalam analisis perekonomian meliputi :
a)      GDP (Gross Domestic Product)/PDB (Produk Domestik Brutto), menyatakan pendapatan total dan pengeluaran total nasional atas out put
b)      Indek Harga Konsumen-IHK / Consumer Price Index-CPI, mengukur tingkat harga
c)       Tingkat Pengangguran (unemployment rate), menyatakan jumlah pekerja yang tidak memiliki pekerjaan.

PEREKONOMIAN NASIONAL DALAM JANGKA PANJANG
I. PENDAPATAN NASIONAL
GDP: nilai barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara
GNP : jumlah dari pendapatan faktor-faktor produksi yang digunkan untuk memproduksikan barang dan jasa dalam satu tahun tertentu
Pendapatan Nasional secara matematis
Y=C+S (1) Pendapatan Individu
SY= SC+SS (2) Pendapatan Agregat
S=I Pendapat Keynesian
SY= SC+SI (3)
SY= SC+SI+SG (3) Adanya Pemerintah
SY= SC+SI+SG + (X-M) (4) Adanya Perdagangan luar negeri

Yang Menentukan Produksi Barang dan Jasa:
  1. Faktor produksi, adalah input yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Dua faktor produksi yang paling penting adalah Modal (K) dan Tenaga kerja (L)
  2. Fungsi Produksi ® Y=F(K,L)
                Fungsi produksi mencerminkan teknologi yang digunakan untuk mengubah modal dan tenaga kerja menjadi output. Jadi perubahan teknologi akan menmpengaruhi fungsi produksi.
  1. Penawaran Barang dan Jasa, faktor produksi dan fungsi produksi bersama-sama menentukan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan, yang sama dengan output Perekonomian, secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:
               


Distribusi Pendapatan Nasional Ke Faktor-faktor Produksi :
                Distribusi pendapatan nasional ditentukan oleh :
  1. Harga Faktor Produksi, jumlah yang dibayar ke faktor-faktor produksi (Upah dan sewa)
  2. Laba Perusahaan Kompetitif, tujuan perusahaan adalah memaksimalkan laba. Laba adalah penerimaan dikurangi biaya-biaya dari faktor produksi modal dan tenaga kerja
                Laba = Penerimaan (P.Y)-  Biaya Tenaga kerja (WL) – Biaya Modal (RK).
  1. Permintaan Perusahaan Terhadap Faktor-faktor Produksi
  1. MPL (marginal product of labor)
                perusahaan menggunakan tenaga kerja dan modal dalam jumlah yang akan memaksimalkan laba, untuk mengukurnya menggunakan produk marjinal tenaga kerja (marginal product of labor/MPL). MPL adalah jumlah output tambahan yang diperoleh perusahaan dari satu unit tenaga kerja tambahan dengan mempertahankan jumlah modal tetap. MPL = F(K,L+1) – F(K,L). Persamaan ini menyatakan bahwa produk marjinal tenaga kerja adalah perbedaan antara jumlah output yang diproduksi dengan L + 1 unit kerja dengan jumlah yang diproduksi hanya dengan L unit kerja.
                Kebanyakan fungsi produksi memiliki sifat produk marginal yang semakin menurun (diminishing marginal product) dengan mempertahankan modal, produk marginal tenaga kerja menurun ketika jumlah tenaga kerja meningkat, hal ini juga membentuk slope atau kemiringan dari fungsi produksi
  1. Dari MPL (marginal product of labor) ke permintaan tenaga kerja
                Perusahaan  akan membandingkan penerimaan tambahan dari kenaikan produksi yang dihasilkan oleh tenaga kerja tambahan terhadap biaya tambahan dalam bentuk upah yang lebih banyak. Peningkatan penerimaan dari suatu unit tenaga kerja tambahan tergantung pada dua variabel, yaitu:  produk marjinal tenaga kerja MPL dan harga output.
                Penerimaan tambahan adalah P x MPL
                Biaya ekstra karena menggunakan lebih banyak tenaga kerja
                Jika  P x MPL > Upah (W) akan meningkatkan laba
                Perusahaan akan menambah tenaga kerja sampai MPL = W atau MPL = W/P (reaal Wage)
                DLaba  = DPenerimaan - DBiaya atau DLaba = (P x MPL) – W
  1. Produk Marginal Modal (Marginal Product of Capital/MPK) dan Permintaan modal
                MPK adalah jumlah output tambahan yang diperoleh perusahaan dari unit modal tambahan, dengan mempertahankan jumlah tenaga kerja kostan.
                MPK = F (K+1, L) – F(K,L).
                jadi produk marginal modal adalah perbedaan antara jumlah output yang diproduksi dengan K + 1 unit modal dan yang diproduksi hanya dengan K unit modal.
                 DLaba  = DPenerimaan - DBiaya atau DLaba = (P x MPK) – R (sewa mesin).
                untuk memaksimalkan laba, perusahaan akan terus menggunakan lebih banyak modal hingga MPK turun sama dengan harga sewa riil (MPK = R/P)
                Harga sewa modal riil (real rental price of capital) adalah harga sewa yang diukur dalam unit barnag, bukan dalam mata uang

  1. Pembagian Pendapatan Nasional
                Jika seluruh perusahaan dalam keadaan perekonomian adalah kompetitif dan memaksimalkan laba, maka setiap faktor produksi dibayar berdasarkan konstribusi manajerial pada proses produksi. Upah riil yang dibayar kepada setiap pekerja sama dengan MPL dan harga sewa riil yang dibayar kepada setiap pemilik modal sama dengan MPK. Maka upah riil total yang dibayarkan kepada tenaga kerja adalah MPL x L, dan pengembalian riil total yang dibayar ke pemilik modal adalah MPK x K.
                Pendapatan yang tersisa setelah perusahaan membayar faktor-faktor produksi adalah laba ekonomis (economic profit) dari pada pemilik perusahaan, laba ekonomis riil adalah
                Laba Ekonomis = Y – (MPL x L) – (MPK x K).
                karena kita ingin menghitung distribusi pendapatan nasional, kita ubah persamaan di atas menjadi
                Y = (MPL x L) + (MPK x K) + Laba Ekonomis
                Artinya pendapatan total dibagi diantara pengembalian kepada tenaga kerja, pengembalian kepada modal dan laba ekonomis. 
                Jika setiap faktor produksi dibayar pada produk marginalnya, maka jumlah pembayaran faktor ini sama dengan output total.
                Jika fungsi produksi memiliki sifat skala hasil konstan, maka laba ekonomis harus sama dengan nol, yaitu tidak ada yang tersisa setelah faktor-faktor produksi dibayarkan. Kesimpulan ini mengikuti hasil matematis yang disebut Teorema Euler zY = F(zK,zL). Z = 1sehingga dapat dirumuskan dengan F(K,L) = (MPK x K) + (MPL x L).
                Kita asumsikan bahwa ada tiga jenis pelaku ekonomi: pekerja, pemilik modal dan pemilik perusahaan. Pendapatan total dibagi diantara upah, pengembalian modal dan laba ekonomis. Namun dalam dunia nyata perushaan memiliki modal sendiri, Karena pemilik modal dan pemilik perusahaan adalah orang yang sama, laba ekonomis dan pengembalian modal (return to capital) seringkali disatukan sebagai laba akuntansi.
                Laba Akuntansi = Laba ekonomis + (MPK x K)
                OUTPUT total dibagi diantara pembayaran untuk modal dan tenaga kerja, bergantung pada produktivitas marginalnya.
               
Yang Menentukan Permintaan Barang dan Jasa
                Dalam perekonomian tiga sektor atau perekonomian tertutup adalah :
  1. Konsumsi / C = C (Y-T) disebut dengan disposabel income atau pendapatan yang bisa dibelanjakan. Jika pendapatan yang bisa dibelanjakan naik maka masyarakat akan memiliki kecendrungan untuk menambah jumlah konsumsi atau tabungannya.
                Kecendrungan mengkonsumsi marginal (marginal propensity to consume, MPC) adalah jumlah perubahan konsumsi ketika pendapatan disposable meningkat, tetapi peningkatannya akan kurang dari 1 (satu) karena sebagiannya digunakan untuk menabung. Misal MPC sebesar 0,70 maka peningkatan disposable income akan meningkatkan 0,70 konsumsi dan 0,30 tabungan atau MPS (marginal propensity to save)
  1. Investasi (I). Investasi bergantung pada tingkat suku bunga riil (r), tingkat bunga adalah biaya pinjaman. Fungsi investasi miring kebawah ketika tingkat bunga naik, semakin sedikit proyek investasi yang menguntungkan.
                Rumus I = I (r).
                Tingkat  suku bunga dalam perekonomian , dibedakan dalam dua yaitu tingkat suku bunga nominal dan tingkat suku bunga riil. Tingkat suku bunga  nominal yang baisa dilaporkan: itulah tingkat suku bunga yang dibayar investor untuk meminjam uang. Tingkat bunga riil adalah tingkat bunga nominal yang dikoreksi untuk menghilangkan pengaruh inflasi. Exs. Jika tingkat suku bunga nominal nominal adalah 8 presen dan tingkat inflasi adalah 3 persen, maka tingkat bunga riil adalah 5 persen
  1. Pembelian Pemerintah
                Yang termasuk kedalam konsumsi pemerintah adalah belanja barang dan jasa oleh pemerintah di pasar barang atau jasa yang berdampak terhadap perekonomian. Jika pemerintah menarik pajak dikurangi transfer maka G = T, dan pemerintah memiliki anggaran yang berimbang. Jika G melebihi T pemerintah mengalami defisit anggaran, yang didanai dari menerbitkan surat utang pemerintah, yaitu dengan dengan meminjam pasar keuangan. Jika G kurang dari T, pemerintah mengalami surplus anggaran, yang bisa digunakan untuk melunasi utang-utangnya.

Yang Menyeimbangkan Permintaan dan Penawaran Terhadap Barang dan Jasa
                Yang menjamin jumlah konsumsi, investasi dan pembelian pemerintah sama denga jumlah output yang diproduksi adalah tingkat bunga.  Ada dua cara untuk mengetahui perean tingkat bunga dalam perekonomian yaitu kita dapat mengetahui peran tingkat bunga mempengaruhi penawaran dan permintaan barang dan jasa, atau kita bisa melihat tingkat bunga mempengaruhi penawaran dan permintaan terhadap dana pinjaman.
  1. Ekuilibirium di Pasar Barang dan Jasa : Penawaran dan Permintaan terhadap output perekonomian
                Y = C + I + G
                C = C (Y-T)
                I = I (r)
                G =
                T =
                permintaan terhadap output perekonomian berasal dari konsumsi, investasi dan pembelian pemerintah. Konsumsi bergantung pada disposable income, investasi bergantung kepada tingkat bunga riil serta pembelian pemerintah dan pajak bergantung kebijakan sebagai pariabel eksogen.
                faktor-faktor produksi dan fungsi produksi menentukan tingkat output yang ditawarkan kedalam perekonomian
                Jika kita ganti fungsi konsumsi dan investasi menjadi pos pendapatan nasional kita dapatkan,
                Y = C(Y-T) + I(r) + G
                karena variabel G dan T ditetapkan oleh kebijakan, dan tingkat output Y ditetapkan oleh faktor produksi dan fungsi produksi, maka rumus kita tulis
                 
                Persamaan ini menyatakan bahwa penawaran output sama dengan permintaannya, yang merupakan jumlah konsumsi, investasi, dan pembelian pemerintah.
                perhatikan tingkat bunga (r) satu-satunya yang tidak ditentukan dalam persamaan, karena tingkat bunga harus disesuaikan untuk menjamin bahwa permintaan atas barang dan jasa sama dengan penawarannya. Semakin tinggi tinkat bunga semakin rendah tingkat investasinya, oleh sebab itu semakin rendah permintaan terhadap barang dan jasa, C+I+G. Pada tingkat bunga ekuilibirium, permintaan untuk barang dan jasa sama dengan penawarannya
  1. Ekuilibirium di Pasar Uang: Penawaran dan Permintaan terhadap Dana Pinjaman
                Karena tingkat bunga merupakan biaya pinjaman dan pengembalian akan diperoleh karena meminjamkan dana ke pasar keuangan, maka kita bisa lebih baik memahami peran tingkat bunga dalam perekonomian dengan mengkaji pasar uang. Untuk iu kita tulis identitas pos pendapatan nasional menjadi
                Y – C – G = I
                 Y – C – G  adalah output yang tersisa setelah permintaan konsumen dan pemerintah dipenuhi: ini yang disebut dengan tabungan nasional (national saving). Dalam bentuk ini bahwa pos pendapatan nasional menunjukan bahwa tabungan sama dengan investasi.
                Untuk memahami identitas ini lebih lengkap, kita bisa memecah tabungan menjadi dua yaitu tabungan disektor suasta dan tabungan pemerintah: (Y-T-C) + (T-G) =I
                (Y-T-C) adalah disposable income dikurangi konsumsi, yang merupakan tabungan swasta (Private saving) dan (T-G) adalah penerimaan pemerintah dikurangi pengeluaran pemerintah yaitu tabungan publik (public saving)
                Untuk melihat bagaimana tingkat bunga menyeimbangkan pasar keuangan, subtitusikan fungsi konsumsi dan fungsi investasi ke dalam  identitas pos pendapatan nasional
                Y-C(Y-T)-G=I(r)
                selanjutnya, nyatakan bahwa G dan T diterapkan oleh kebijakan serta Y ditetapkan oleh faktor-faktor produksi dan fungsi produksi
                Sisi  kiri dari persamaan ini menunjukan bahwa tabungan nasional bergantung pada pendapatan Y dan variabel kebijakan fiskal G dan T. Sisi kanan dari persamaan menunjukan bahwa investasi bergantung tingkat bunga.
                Sisi kiri sama dengan sisi kanan menunjukan ekuilibirium  tingkat bungan dari masyarakt sebagai penabung dengan masyarakt investor sehingga jumlah dana yang menanam modal sama jumlahnya dengan dana yang meminjam.
  1. Perubahan dalam Tabungan : Dampak Kebijakan Fiskal
                Ketika pemerintah merubah pengeluaran atau tingkat pajaknya, perubahan ini mempengaruhi permintaan terhadap output barang dan jasa perekonomian serta mengubah tabungan nasional, investasi dan tingkat bunga ekulibirium.
  Peningkatan Pembelian Pemerintah berdampak langsung meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa sebesar DG, tetapi karena output total tetap, maka kenaikan tersebut harus dipenuhi melaui penurunan beberapa kategori permintaan lain. Karena disposable income Y-T tidak berubah, konsumsi C tidak berubah, kenaikan pembelian pemerintah harus dipenuhi melaui penurunan investasi dalam jumlah yang sama. Dan pembelian pemerintah tidak dikaitkan dengan peningkatan pajak, maka pemerintah mendanai pengeluarnya dengan meminjam yaitu dengan mengurangi tabungan publik. Karena tabungan publik ini tidak berubah maka akan mengurangi tabungan nasional
                Agar investasi turun, tingkat bunga harus naik. Jadi, kenaikan pembelian pemerintah menyebabkan tingkat bunga meningkat dan investasi turun. Pembelian pemerintah dikatakan crowd out (membatasi) investasi
  Penurunan Pajak
                Dampak langsung dari pemotongan atau penurunan pajak itu adalah peningkatan disposable income  dan dengan demikian peningkatan konsumsi. Disposable income naik sebesar DT dan konsumsi meningkat sebesar jumlah yang sama dengan DT  dikali dengan kecendrungan mengkonsumsi (MPC).  Semakin tinggi MPC semakin besar dampak pemotongan pajak terhadap konsumsi
  Penurunan Pajak
                Dampak langsung dari pemotongan atau penurunan pajak itu adalah peningkatan disposable income  dan dengan demikian peningkatan konsumsi. Disposable income naik sebesar DT dan konsumsi meningkat sebesar jumlah yang sama dengan DT  dikali dengan kecendrungan mengkonsumsi (MPC).  Semakin tinggi MPC semakin besar dampak pemotongan pajak terhadap konsumsi
                Karena output perekonomian ditetapkan oleh faktor-faktor produksi dan tingkat pembelian pemerintah ditetapkan oleh pembelian pemerintah, kenaikan konsumsi harus diimbangi dengan pen urunan investasi. Karena investasi turun, tingkat bunga akan naik. Jadi, penurunan pajak, seperti kenaikan pemerintah, meng-crowd out investasi dan meningkatkan tingkat bunga.
                Kita juga bisa menganalisis dampak dari pemotongan pajak dengan menelaah tabungan dan investasi.  Karena pemotongan pajak meningkatkan disposibel income sebesar DT, konsumsi meningkat sampai MPC x DT. Tabungan nasional S, yang sama dengan Y – C – G, turun sejumlah kenaikan konsumsi. Penurunan tabungan menggeser penawaran dan pinjaman ke kiri, yang meningkatkan tingkat bunga ekuilibirium dan meng-crow out investasi.
  1. Perubahan Permintaan Investasi
                Inovasi teknologi dapat meningkatkan permintaan investasi, selain itu karena adanya dorongan dari pemerintah seperti pengurangan pajak penghasilan bagi orang-orang yang mau berinvestasi.  Peningkatan investasi akan meningkatkan ekuilibirium tingkat bunga.  Karena tingkat bunga merupakan hasil dari tabungan (seperti halnya biaya pinjaman), maka tingkat bunga yang semakin tinggi mengurangi konsumsi dan meningkatkan tabungan. Jika demikian tingkat kenaikan permintaan investasi akan meningkatka tingkat bunga ekulibirium.

BAB 4
 Uang dan Inflasi
Uang
Persediaan aset
Digunakan untuk transaksi
Salah satu jenis kekayaan
Inflasi adalah kenaikan tingkat harga rata-rata, dan harga adalah tingkatan di mana uang ditukarkan untuk barang atau jasa.
Fungsi Uang
Uang berperan sebagai penyimpan nilai, unit hitung, dan media pertukaran. Kemudahan uang dikonversi menjadi sesuatu yang lain seperti barang dan jasa—kadang disebut likuiditas uang.
Penggunaan uang meningkatkan efisiensi !!!
Uang adalah alat yang dengannya kita mengukur
transaksi ekonomi. Tanpanya, kita terpaksa
melakukan barter. Namun, barter membutuhkan
kebetulan ganda dari keinginan (double
coincidence of wants)—situasi yang jarang terjadi
di antara dua orang, masing-masing memiliki barang
yang lain inginkan pada waktu dan tempat yang
tepat untuk melakukan pertukaran.

Jenis-jenis Uang
Uang atas-unjuk (Fiat money) adalah
uang menurut dekrit pemerintah dan tidak
memiliki nilai intrinsik.
Uang komoditas (Commodity money)
adalah uang yang punya nilai intrinsik.
Jika orang menggunakan emas sebagai uang, 
perekonomian dikatakan menggunakan
 standar emas (gold standard).
Pemerintah dapat terlibat dalam sistem moneter untuk membantu rakyat mengurangi biaya transaksi. Menggunakan emas sebagai mata uang adalah mahal karena kemurnian dan beratnya harus diverifikasi. Juga, koin lebih banyak dikenal daripada batangan emas.
Pemerintah lalu menerima emas dari publik untuk ditukar dengan sertifikat emas— lembaran kertas yang bisa ditukar dengan emas. Jika orang percaya  pemerintah akan memberi mereka emas bila diminta, maka mata uang tersebut akan sama berharganya dengan emas itu sendiri—plus, lebih mudah membawa kertas daripada emas. Hasil akhirnya adalah karena tak ada yang meminta emas lagi dan semua orang menerima kertas, kertas itu memiliki nilai dan berperan sebagai uang.
Jumlah Uang Beredar vs. Kebijakan Moneter
Jumlah uang beredar (money supply) adalah jumlah uang yang tersedia.
Kontrol atas jumlah uang beredar disebut kebijakan moneter (monetary policy). Di Amerika Serikat, kebijakan moneter dilakukan oleh institusi  setengah independen yang disebut bank sentral. Bank sentral di AS disebut Federal Reserve, atau Fed.
Operasi Pasar-Terbuka Pembelian dan Penjualan Obligasi Pemerintah
Untuk meningkatkan jumlah uang beredar :
Bank sentral membeli obligasi pemerintah dan membayarnya dengan uang baru.
Untuk menurunkan jumlah uang beredar :
Bank sentral menjual obligasi pemerintah dan menerima uang yang ada di masyarakat dan lalu menghancurkannya.
Bank Sentral mengendalikan jumlah uang beredar dalam 3 cara :
Melakukan Operasi Pasar-Terbuka
(membeli dan menjual obligasi pemerintah)
Mengubah persyaratan cadangan (tidak pernah benar-benar digunakan).
Mengubah tingkat diskonto yang bank-bank anggota (tak memenuhi persyartan cadangan) bayar untuk meminjam dari bank sentral.
Teori Kuantitas Uang
Persamaan kuantitas adalah suatu identitas : definisi dari empat variabel membuatnya benar. Jika satu variabel berubah, satu atau lebih yang lain harus juga berubah untuk mempertahankan identitas.  Persamaan kuantitas kita gunakan dari sekarang adalah jumlah uang beredar (M) dikali perputaran uang transaksi (V) yang sama dengan  harga (P) dikali jumlah transaksi (T):
Uang ´ Perputaran  = Harga ´ Transaksi
     M    ´       V        =    P   ´      T
V dalam persamaan kuantitas disebut perputaran uang transaksi (transactions velocity of money)Ini menyatakan berapa kali uang berpindah tangan dalam periode waktu tertentu.
Transaksi dan output sangat berkaitan, karena semakin banyak
perekonomian berproduksi, semakin banyak barang dibeli dan dijual.
Jika Y menyatakan jumlah output dan P menyatakan harga satu unit
output, maka nilai uang dari output adalah PY. Kita telah membahas
ukuran variabel-variabel ini ketika kita membahas pos pendapatan
nasional.
Uang ´ Perputaran  = Harga ´ Output
     M    ´       V        =    P   ´      Y
Versi persamaan kuantitas ini disebut perputaran uang pendapatan
(income velocity of money), yang menyatakan berapa kali uang
masuk ke dalam pendapatan seseorang dalam periode waktu tertentu.
Fungsi Permintaan Uang  dan Persamaan Kuantitas
Mari kita ekspresikan kuantitas uang dalam bentuk jumlah barang dan jasa yang dapat dibelinya. Jumlah ini, M/P disebut keseimbangan uang riil (real money balances). Keseimbangan uang riil mengukur daya beli dari persediaan uang.
Fungsi permintaan uang (money demand function) adalah persamaan yang menunjukkan penentu keseimbangan uang riil yang orang ingin pertahankan. Berikut adalah suatu fungsi permintaan uang sederhana :
                                                (M/P)d = k Y
di mana k  adalah konstanta yang menyatakan berapa banyak uang orang ingin tahan untuk setiap dolar pendapatan. Persamaan ini menyatakan bahwa kuantitas keseimbangan uang riil yang diinginkan  adalah proporsional terhadap pendapatan riil.
Fungsi Permintaan Uang dan Persamaan Kuantitas
Fungsi permintaan uang mirip dengan fungsi permintaan untuk barang tertentu. Di sini “barang” adalah kenyamanan menahan keseimbangan uang riil. Pendapatan lebih tinggi mendorong permintaan lebih besar akan keseimbangan uang rill. Fungsi permintaan uang menawarkan cara lain untuk memandang persamaan kuantitas (MV= PY) di mana V = 1/k.
Ini menunjukkan kaitan antara permintaan uang dan perputaran uang. Ketika orang menahan banyak uang untuk tiap dolar pendapatan (k adalah besar), uang tidak sering berpindah tangan (V adalah kecil).
Sebaliknya, ketika orang ingin menahan hanya sedikit uang (k  adalah
kecil), uang sering berpindah tangan (V adalah besar). Dengan kata lain,  parameter permintaan uang k dan perputaran uang V adalah dua sisi berlawanan dari suatu koin.

Asumsi Perputaran Konstan
Persamaan kuantitas dapat dipandang sebagai suatu definisi : mendefinisikan perputaran V sebagai rasio GDP nominal, PY, terhadap kuantitas uang M. Tapi, jika kita membuat asumsi bahwa perputaran uang adalah konstan, maka persamaan kuantitas MV = PY menjadi teori dampak uang yang berguna. Garis di atas  V mengartikan perputaran adalah tetap.
MV = PY
Jadi, pertahankan konstan ! Ingat perubahan
kuantitas uang menyebabkan perubahan
proporsional pada GDP nominal.

Uang, Harga dan Inflasi
Tiga blok bangunan yang menentukan tingkat harga keseluruhan suatu perekonomian :
Faktor-faktor produksi dan fungsi produksi menentukan tingkat output Y.
Jumlah uang beredar menentukan nilai output nominal, PY.
                Ini berasal dari persamaan kuantitas dan asumsi bahwa perputaran uang adalah tetap.
Tingkat harga P kemudian adalah rasio nilai output nominal, PY, terhadap tingkat output Y.

Dengan kata lain, jika Y adalah tetap (dari Bab 3) karena ia bergantung pada pertumbuhan faktor-faktor produksi dan kemajuan teknologi, dan kita telah membuat asumsi bahwa perputaran adalah konstan,
MV = PY
atau dalam bentuk perubahan persentase :
% perubahan M + % perubahan V = % perubahan P + % perubahan Y
Jika V dan Y adalah tetap, berarti bahwa % perubahan M adalah yang menyebabkan % perubahan pada P.
Teori kuantitas uang menyatakan bahwa bank sentral, yang mengontrol jumlah uang beredar, memiliki kendali tertinggi atas tingkat inflasi. Jika bank sentral menjaga jumlah uang beredar stabil, tingkat harga akan stabil. Jika bank sentral meningkatkan jumlah uang beredar dengan cepat, tingkat harga akan meningkat cepat.
Seigniorage: Penerimaan dari Pencetakan Uang
Penerimaan yang ditingkatkan melalui pencetakan uang disebut seigniorage. Ketika mencetak uang untuk mendanai pengeluaran, pemerintah meningkatkan jumlah uang beredar.  Kenaikan jumlah uang beredar, pada gilirannya, menyebabkan inflasi. Mencetak uang untuk meningkatkan penerimaan adalah seperti menetapkan pajak inflasi.

Inflasi dan  tingkat bunga
Tingkat Bunga Riil dan Nominal
Para ekonom menyebut tingkat bunga yang bank bayar sebagai tingkat bunga nominal dan kenaikan daya beli Anda sebagai tingkat bunga riil.
r = i - π
Ini menunjukkan hubungan antara tingkat bunga nominal dan tingkat inflasi, di mana r adalah tingkat bunga riil, i adalah tingkat bunga nominal dan p adalah tingkat inflasi, dan ingat bahwa p hanyalah persentase perubahan tingkat harga P.

Efek Fisher
Fisher Equation menunjukkan perbedaan antara tingkat bunga riil dan nominal.
PersamaanFisher: i = r + p
Tingkat bunga nominal aktual (pasar)
Tingkat bunga riil
Inflasi
Hubungan satu-untuk-satu antara tingkat dan tingkat bunga nominal disebut Efek Fisher.
Ini menunjukkan bahwa bunga nominal dapat berubah karena dua hal : karena tingkat bunga riil berubah atau karena tingkat inflasi berubah.

Teori kuantitas dan persamaan Fisher bersama-sama memberitahu kita bagaimana pertumbuhan uang mempengaruhi tingkat bunga nominal. Menurut teori kuantitas, kenaikan tingkat pertumbuhan uang satu persen menyebabkan kenaikan 1% pada tingkat inflasi. 
Menurut persamaan Fisher, kenaikan 1% pada tingkat inflasi akan menyebabkan kenaikan 1% pada tingkat bunga nominal.
Berikut adalah hubungan eksak antara dua persamaan : Persamaan kuantitas dalam bentuk perubahan persentase dan persamaan Fisher.
% perubahan M + % perubahan V = % perubahan P + % perubahan Y
% perubahan M + % perubahan V =          p                       + % perubahan Y
i = r +   p

Tingkat bunga riil yang diharapkan peminjam dan pemberi pinjaman
harapkan ketika kesepakatan dibuat disebut tingkat bunga riil ex ante.
Tingkat bunga riil yang terealisasi disebut tingkat bunga ex post.
Meskipun peminjam dan pemberi pinjaman tak bisa memprediksi inflasi
masa depan dengan pasti, mereka memiliki ekspektasi terhadap tingkat
inflasi. Kita nyatakan p sebagai inflasi masa depan aktual dan pe sebagai
ekspektasi terhadap inflasi masa depan. Tingkat bunga riil ex ante adalah
i - pe, dan tingkat bunga riil ex post adalah i - p. Dua tingkat bunga riil
berbeda ketika inflasi aktual p berbeda dari inflasi yang diharapkan pe.
Bagaimana perbedaan ini memodifikasi efek Fisher ? Yang jelas tingkat
bunga nominal tak bisa sesuai dengan inflasi aktual, karena inflasi aktual
tak diketahui ketika tingkat bunga nominal ditetapkan. Tingkat bunga
nominal hanya bisa disesuaikan dengan inflasi yang diharapkan. Slide
berikut menyajikan versi yang lebih presisi dari efek Fisher.

Uang Masa Depan dan Harga Saat Ini
Sebagaimana teori kuantitas uang jelaskan, jumlah uang beredar dan 
permintaan uang sama-sama menentukan tingkat harga ekuilibrium.
Perubahan tingkat harga adalah, oleh definisi, tingkat inflasi. Inflasi, lalu,
mempengaruhi tingkat bunga nominal melalui efek Fisher. Tapi sekarang,
karena tingkat bunga nominal adalah biaya memegang uang, tingkat
bunga nominal mengumpan balik kepada permintaan uang.

Biaya Inflasi yang Diharapkan
Ketidaknyamanan mengurangi uang di tangan secara metaforis disebut biaya kulit sepatu (shoe-
leather cost) dari inflasi, karena lebih sering berjalan ke bank membuat sepatu seseorang cepat rusak.
Ketika perubahan inflasi membuat pencetakan
dan pendistribusian katalog harga baru, misalnya,
maka, biaya ini disebut biaya menu (menu costs).
Biaya lain terkait dengan undang-undang pajak. Sering undang-undang pajak tidak memperhitungkan efek inflasi pada pendapatan.

Biaya Inflasi yang Tidak Diharapkan
Inflasi yang tak terantisipasi tidak disukai karena meredistribusi,
secara subjektif, kekayaan di antara individu.
Contohnya, ini mengganggu pensiun tetap individu. Sering kontrak
ini tidak dibuat dalam satuan riil dengan diindeks pada ukuran
tertentu tingkat harga.
Ada keuntungan dari inflasi—banyak ekonom berkata bahwa
sedikit inflasi akan membuat pasar tenaga kerja berjalan lebih baik.
Mereka mengatakan inflasi “meminyaki roda” pasar tenaga kerja.

Hiperinflasi
Hiperinflasi didefinisikan sebagai inflasi yang melebihi 50 persen per bulan, lebih dari 1 persen per hari.
Biaya seperti biaya kulit-sepatu dan biaya menu jadi lebih buruk dengan hiperinflasi—dan sistem pajak juga terdistorsi. Kemudian, ketika biaya jadi terlalu besar dengan hiperinflasi, uang kehilangan perannya sebagai  penyimpan nilai, unit hitung dan media pertukaran.  Barter atau penggunaan uang komoditas menjadi biasa.

Dikotomi  Klasik
Para ekonom menyebut pemisahan determinan variabel riil dan nominal dikotomi klasik (classical dichotomy). Penyederhanaan teori ekonomi, ini menyatakan perubahan jumlah uang beredar tak mempengaruhi variabel riil.
Ketidakrelevanan uang untuk variabel riil ini disebut netralitas moneter (monetary neutrality). Untuk belajar isu-isu jangka-panjang—netralitas moneter mendekati benar.

KESEIMBANGAN PASAR DALAM EKONOMI MAKRO

A.      Keseimbangan Pasar Ekonomi Makro : Individu
P
 
Keseimbangan pasar digambarkan dengan kurva demand dari individu yang berpotongan dengan kurva supply dari individu lain
Q*
 
 








Gurva Keseimbangan ekonomi mikro Individu

B.      Keseimbangan Pasar Ekonomi Makro : Industri
Menjumlahkan kurva permintaan Individu secara horizontal menjadi permintaan Industri dan menjumlahkan penawaran Individu secara vertikal yang membentuk kurva penawaran industri
P*
 
P*
 
P
 

                                                                       
P*
 
 

                                                                                                                                       

Q
 
Q
 
Q
 
 



















Gurva Keseimbangan ekonomi mikro Industri
danya pemerintah sebagai pembeli dan penjual besar tidak mengubah pembentukan kurva deman dan supply. Sebagai pembeli besar kurva deman pemerintah berada jauh kekanan yaitu Dg dengan kuantitas Qg, dan sebagi penjual besar kurpa supply pemerintah berada jauh ke kanan yaitu Sg dengan kuantitas Qg







 





























C.      Gambarkan Keseimbangan Pasar Ekonomi Makro : Agregat!





TEORI EKONOMI MAKRO
Analisis IS-LM
  1. Apa yang dimaksud dengan Kurva IS?
  2. Apa yang dimaksud dengan Kurpa LM?
  3. Apa yang dimaksud dengan perpotongan Keynesian (Keynes Cross)?
  4. Bagaimana pembentukan Kurva IS?
  5. Apa yang menyebabkan perubahan kurva IS?
  6. Apa yang menentukan investasi?
  7. Bagaimana pembentukan Kurva LM?
Penjelasan
  1. Kurva IS menyatakan Hubungan antara tingkat bunga dengan tingkat pendapatan yang muncul di pasar barang dan jasa
  2. Kurva LM menyeatakan hubungan antara tingkat bunga dengan tingkat pendapatan yang muncul di pasar uang
  3. Model untuk menjelaskan krangka pendaatan keynesian (pendapatan total perekonomian dalam jangka pendek sangat ditentukan oleh keinginan rumah tangga, perusahaan dan pemerintah untuk membelanjakan pendapatannya
  4. Pembentukan kurva IS dapat dilakukan dengan melihat perubahan-perubahan yang berlaku atas pendapatan nasional sebagai akibat perubahan tingkat bunga. (Apabila tingkat bunga menurun, investasi akan meningkat dan seterusnya akan mengakibatkan pembelanjaan agregat meningkat. Pembelanjaan agregat sama dengan pendapatan nasional)
  5. Perubahan Kurva IS diakibatkan oleh tiga :
  1. Kenaikan atau penurunan investasi
  2. Kenaikan atu pengurangan pengeluaran pemerintah
  3. Kenaikan atau Pengurangan Pajak
                Kenaikan investasi dan pengeluaran pemerintah sebagai komponen suntikan akan menambah pendapatan sehingga menggeser kurva IS ke kanan.
                Kenaikan Pajak sebagai komponen bocoran akan mengurangi pendapatan sehingga menggeser kurva IS ke kiri.
6. Dua faktor penentu investasi yaitu tingkat pengembalian modal (rate of return) dan tingkat bunga.
  1. Pembentukan kurva LM dapat dilakukan dengan menganalisis  akibat perubahan pendapatan nasional atas keseimbangan permintaan dan penawaran uang dan tingkat bunga yang ditentukan oleh berbagai keseimbangan yang berlaku. (Apabila pendapatan nasional bertambah maka akan terjadi keniakan permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga, maka permintaan uang secara keseluruhan menigkat). Pertambahan penawaran akan memindahkan kurva LM ke kanan
ž  Kiebijakan fiskal memiliki dampak pengganda (Multiplied effect) terhadap pendapatan nasional. Menurut fungsi konsumsi C=C(Y-T), pendapatan yang lebih tinggi mengakibatkan konsumsi yang lebih tinggi.
kurva LM
¨  Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kurva LM yang utama adalah penawaran uang, permintaan uang untuk spekulasi, dan permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga relatif stabil sifatnya.
¨  Perubahan kurva LM Disebabkan oleh penawaran uang (pertambahan penawaran uang akan memindahkan kurva LM ke kanan, dan sebaliknya.
¨  Perubahan kurva LM disebabkan oleh permintaan uang (Pertambahan permintaan uang akan menggeser kurva LM ke bawah dan sebaliknya)
¨  For the LM curve, the independent variable is income and the dependent variable is the interest rate. The LM curve shows the combinations of interest rates and levels of real income for which the money market is in equilibrium. It is an upward-sloping curve representing the role of finance and money. The initials LM stand for "Liquidity preference and Money supply equilibrium". As such, the LM function is the set of equilibrium points between the liquidity preference or Demand for Money function and the money supply function (as determined by banks and central banks).

Peningkatan pendapatan, pada tingkat sukubunga tertentu, akan mendorong peningkatan permintaan terhadap uang.
Ketika tingkat penawaran uang yang tetap, hal ini akan mendorong terjadinya peningkatan tingkat sukubunga keseimbangan
                Gambar Dampak Peningkatan Pendapatan terhadap Tingkat  SukuBunga

Keseimbangan di pasar keuangan menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan akan mendorong peningkatan tingkat suku bunga.
Kemiringan kurva LM adalah positif (upward-sloping).

KESEIMBANGAN PEREKONOMIAN DALAM MODEL IS-LM
¨  Model IS-LM akan menggambarkan :
  1. Keseimbangan Pendapatan Nasional
  2. Berbagai kemungkinan perubahan Keseimbangan
  3. Multiplier dalam model IS-LM
¨  Ekwilibirium dalam Model IS-LM menunjukan perpotongan IS dengan LM yang menunjukan ekwilibirium simultan dalam pasar barang dan jasa dan dalam pasar uang riil untuk nilai pengeluaran pemerintah, pajak, jumlah uang beredar, dan tingkat harga tertentu.
¨  Perubahan dalam keseimbangan IS-LM disebabkan oleh perubahan-perubahan; Investasi perusahaan, pengeluaran pemerintah, pajak dan penawaran uang
¨  Pertambahan investasi perusahaan dan pengeluaran pemerintah akan mengakibatkan tingkat bunga naik dan pendapatan nasional juga naik
¨  Peningkatan pajak akan mengurangi pengeluaran agregat. Apabila pajak yang ditarik pemerintah bertambah, pendapatan disposibel dan seterusnya konsumsi akan berkurang sehingga mengurangi tingkat kegiatan ekonomi dan pendapatan nasional (artinya peningkatan pajak akan mengakibatkan pendapatan dan tingkat bunga menurun).
¨  Pertambahan penawaran uang akan menurunkan tingkat bunga dan menambah pendapatan nasional.

Interaksi kebijakan fiskal dan moneter
¨  Mestilah disadari bagi pembuat kebijakan bahwa kebijakan satu akan mempengaruhi kebijakan lainnya
¨  Apabila kebijakan fiskal melalui peningkatan pajak dilakukan berdampak kepada pergeseran kurva IS ke kiri (pendapatan nasional turun karena konsumsi turun,) dan tingkat bunga turun (karena pendapatan yang lebih rendah mengurangi permintaan uang). Penurunan pendapatan menunjukan bahwa peningkatan pajak menyebabkan resesi, maka kebijakan moneter harus mempertahankan jumlah uang beredar.
¨  Jika ingin mencegah kenaikan pajak agar tidak menurunkan pendapatan maka harus dilakukan peningkatan jumlah uang beredar dan menggeser LM ke bawah untuk mencegah pergerakan IS sehingga kenaikan pajak tidak menimbulkan resesi.
¨  Ketika kita menganalisis suatu perubahan kebijakan kita harus membuat asumsi tentang dampaknya terhadap kebijakan lain. Asumsi apa yang paling tepat tergantung kasusnya dan pertimbangan politis yang berada di belakang kebijakan ekonomi.

Model IS-LM untuk menjelaskan teori Permintaan Agregat.
  1. IS-LM digunakan untuk menjelaskan posisi dan kemiringan dari kurva permintaan agregat
  2. IS-LM digunakan untuk menjelaskan mengapa pendapatan nasional turun ketika harga naik
  3. IS-LM digunakan untuk menjelaskan apa yang menyebabkan kurva permintaan agregat bergeser.
Membentuk Kurva AD dari Keseimbangan IS-LM
Disimpulkan ketiga keseimbangan ini adalah semakin tinggi tingkat harga semakin tinggi tingkat bunga tetapi pendapatan nasional semakin rendah.
Grafik (b) menunjukan kurva AD yang dibentuk dari perubahan keseimbangan sebagai akibat dari perubahan harga.

Penawaran Agregat
¨  Penawaran Agreagat (agregate supply) adalah hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dengan tingkat harga
¨  Terdapat dua kategori kurva penawaran agregat yaitu kurva penawaran jangka panjang (long-run agregate supply/LRAS) dan kurva penawaran jangka pendek (short-run agregate supply/SRAS.
  1. Kurva Penawaran Agregat Jangka Panjang, dalam jangka panjang tingkat output ditentukan oleh jumlah modal dan tenaga kerja serta ketersediaan teknologi. Tingkat output tidak tergantung kepada tingkat harga. Kurva penawaran agregat jangka panjang (LRAS) adalah vertikal.
  2. Kurva Penawaran Agregat  Jangka Pendek (SRAS) adalah tetap, karena itu kurva penawaran agregat jangka pendek adalah horisontal.


  1. Kurva Penawaran Agregat

(a) Pendapat Kelasik               (b) Pendapat Keynes                         (c) Kurva AS realistis
Kurva C menjelaskan semakin tinggi pendapatan nasional, semakin tinggi harga.

¨  Hubungan diantara harga dan pendapatan nasional disebabkan oleh tiga faktor yaitu:
  1. Semakin tinggi pendapatan nasional, semakin tinggi penggunaan kapasitas memproduksi berbagai perusahaan. Apabila tingkat kapasitas optimum sudah dilewati, setiap kenaikan produksi akan menaikan biaya produksi. Kenaikan ini akan mengakibatkan kenaikan harga
  2. Penggunaan tenaga kerja yang semakin banyak akan menurunkan pengangguran dan pada akhirnya muncul masalah sulitnya memperoleh tenaga kerja baru untuk melakukan ekspansi perusahaan. Tenaga kerja yang sulit didapatkan menaikan tingkat upah, kenaikan upah akan menambah biaya produksi, dan kenikan ini akan mengakibatkan kenaikan tingkat harga
  3. Apabila tingkat kegiatan ekonomi semakin mendekati tingkat penggunaan tenaga kerja penuh, perusahaan-perusahaan tidak mempunyai masalah dalam menjual barang dan jasa yang dihasilkannya dan sering sekalai tidak dapat dengan cepat melayani permintaan pelanggannya. Berlakunya keadaan seperti ini akan mendorong para pengusaha menaikan margin keuntungannya, sehingga harga-harga makin meningkat.

Perubahan-perubahan Kurva AS
    Perpindahan kurva AS ke kiri atau ke kanan dinamakan kejutan penawaran (supply shocks). Penyebab-penyebabnya adalah :
  1. Kenaikan Harga-harga input, kurva AS akan berpindah ke sebelah kiri dari AS0 ke  AS1 apabila harga-harga input meningkat.
  2. Kenaikan produktivitas kegiatan memproduksi, kenaikan produktivitas dapat dilihat dari dua segi, yaitu kenaikan produktivitas barang modal dan kenaikan produktivitas tenaga kerja. Kenaikan produktivitas barang modal biasanya berlaku akibat kemajuan teknologi dan peningkatan produktivitas tenaga kerja diakibatkan oleh perbaikan kualitas pekerja (melaui pendidikan dan pelatihan kerja).

Keseimbangan AD-AS
¨  Keseimbangan pendapatan nasional dalam analisis dengan menggunakan kurva AD-AS akan menunjukan tingkat harga yang berlaku pada keseimbangan dan pendapatan nasional.
¨  Dengan memperhatikan berbagai kemungkinan perubahan kurva AD-AS akan dapat menunjukan kemungkinan perubahan tingkat harga dan tingkat kegiatan perekonomian suatu negara.
Gambar
Keseimbangn Pendapatan Nasional dalam Model AD-AS
¨  Kesembangan pendapatan nasional dicapai pada titik E dimana harga adalah harga yang berlaku.
¨  keadaan kurva dibawah Eqwilibirium (E) menunjukan kekurangan barang dan di atas E menggambarkan kelebihan barang.

Perubahan-perubahan Kurva AD-AS
  1. Kurva AD berubah tetapi Kurva AS tetap, (Perubahan AD0 ke kiri menjadi AD1 menyebabkan pendapatan nasional dan harga mengalami penurunan, sedangkan perubahan AD0 ke kanan menjadi AD2 menyebabkan pendapatan nasional dan harga meningkat).
  2. Kurva As berubah Tetapi Kurva AD tetap, (perubahan AS0 ke kiri menjadi AS1 akan menaikan tingkat harga akan tetapi pendapatan nasional merosot. Keadaan ini dinamakan stagflasi; yaitu masalah kemunduran ekonomi (stagnasi) dan inflasi yang secara serentak dihadapi, perubahan sebaliknya dari AS0 ke AS2, menyebabkan tingkat harga dan pendapatan bertambah).
  3. Perpindahan serentak kurva AD dan AS, dalam suatu perekonomian yang mengalami pertumbuhan kurva AD dan AS secara serentak akan bergeser ke kanan. Serentak dengan berlakunya pertumbuhan ekonomi, teknologi akan berkembang dan produktivitas meningkat. Kemajuan-kemajuan ini akan memindahkan kurva AS ke kanan. Disamping itu pertumbuhan ekonomi akan diikuti dengan penggunaan tenaga kerja yang lebih banyak dan tingkat pendapatan yang semakin meningkat. Akhirnya pertambahan pendapatan ini akan menambah permintaan agregat.

Multipilier dalam Analisis AD-AS
¨  Analisis keseimbangan dalam IS-LM telah menunjukan bahwa kenaikan tingkat suku bunga sebagai akibat perubahan pengeluaran agregat menyebabkan multiplier dalam perekonomian semakin kecil. Apabila kenaikan tingkat bunga diikuti oleh kenaikan tingkat harga (dalam AD-AS) multiplier lebih kecil lagi.
Model Keseimbangan Perekonomian Terbuka (Model Empat Sektor)
¨  Dalam model empat sektor, perekonomian dianggap melakukan transaksi dengan perekonomian dunia, yaitu melalui ekspor dan impor barang.
¨  Dalam perekonomian terbuka fungsi keseimbangan adalah
Y = AE = C + I + G + (X-M) = C + I + G + NX
       AE = C0 + bY + I0 + G0 + (X0 – M0)
                    AE = A + bY
Dimana A sekarang terdiri dari (C0 + I0 + G0 + NX)
Keseimbangan Tercapai Bila Y = AE
Contoh:
Dalam suatu perekonomian negara diketahui bahwa
C  = 100 + 0,8Y
 I  = 200
G = 300
X = 75
M = 25
¨  Penyelesaian
AE = C + I + G + (X-M) = C + I + G + NX
     = C0 + bY + I0 + G0 + (X0 – M0)
                  = 100 + 0,8Y + 200 + 300 + (75-25)
                  = 100 + 0,8Y + 200 + 300 + 50
     = A + bY
                  = 650 + 0,8Y
Keseimbangan adalah Y = AE
Y = AE = 650 – 0,8Y
Y-0,8Y = 650
0,2Y = 650
Y= 650/0,2
Y= 3.250

Multiplier Effect (pelipatgandaan)
¨  Multiplier besarnya ditentukan oleh besar angka marginal propensity to consume (MPC)
¨  Persamaan Multiplier adalah Y = A/(1-b)
¨  Untuk melihat perubahan dapat ditulis persamaan DY= DA/(1-b)
¨  Angka multiplier diperoleh dari Y* = 1/(1-b), b adalah MPC
¨  Hubungan besarnya MPC dengan Multiplier, jika nilai MPC makin kecil, maka angka Multiplier makin kecil
MPC
(1-MPC)
Multiplier = 1/(1-MPC
1,00
0,90
0,80
0,75
0,60
0,50
0,40
Dst
0,0
0,10
0,20
0,25
0,40
0,50
0,60
dst
Tak terhingga
10,00
5,00
4,00
2,50
2,00
1,50
dst

¨  Contoh
                Pendapatan nasional mula-mula adalah 3,250 kemudian pemerintah menambah pengeluarannya sebesar 100 berapakah pendapatan nasional baru
                Jawab
                 DY= DA/(1-b)
                                = 100/0,2
                                = 500
                pembuktian dengan rumus keseimbangan
                Y1=AE = 750 + 0,8Y
                Y1-0,8Y = 750
                0,2Y = 750
                Y1= 750/0,2
                    = 3,750
                 DY= Y1-Y =3,750 – 3,250
                     = 500

Soal Latihan
Dalam suatu perekonomian negara diketahui bahwa
C  = 100 + 0,75Y
 I  = 200
G = 300
X = 75
M = 25
Dari data diatas hitunglah pendapatan nasional (Y)!
 
Pasar Barang Dan Kurva  IS  Dalam Persfektif Islam
                Pada system ekonomi Islam bunga tidak diberlakukan, sehingga keseimbangan di pasar barang pada ekonomi Islam ini sangat berbeda dengan keseimbangan pasar barang pada system ekonomi konvensional. Hal ini karena system bunga dihapuskan dan diganti dengan tingkat keuntungan yang diharapkan (r).
                Secara matematis, hubungan fungsional antara pengeluaran konsumsi rumah tangga (C) dan pendapatan (Y) dapat dinyatakan sebagai berikut :
                C = f ( Y) dengan C = C1 + C2
                C1 = pendapatan muzakki ; C2 = pendapatan mustahiq 
                Investasi perusahaan dalam ekonomi Islam tergantung dari tingkat keuntungan yang diharapkan dan biaya asset yang kurang produktif. Makin tinggi keuntungan yang diharapkan, dan makin besar biaya asset yang kurang produktif maka semakin besar investasi yagn dilaksanakan  dan sebaliknya.
                Dalam  analisis keseimbangan sektot riil, kondisi keseimbangan perekonomian dapat digambarkan kedalam  sebuah kurva yang disebutkan kurva ISI. Kurva ISI adalah tempat kedudukan titik-titik yang menghubungkan tingkat keuntungan yang diharapkan ( R) dan pendaptan nasional (Y), yang dimana pasar barang berada dalam kondisi keseimbangan .
                Pergeseran fungsi investasi dan fungsi tabungan  (atau fungsi  konsumsi) akan mengakibatkan pergeseran kurva ISI. Kenaikan biaya atas asset yang kurang produktif (menganggur) akan menyebabkan meningkatnya permintaan investasi dan sepanjang tidak ada perubahan fungsi tabungan, akan mengakibatkan pergeseran kurva ISI ke kanan bawah.


46 komentar:

  1. TESITIMONY NYATA KREDIT PENAWARAN !!! TESITIMONY NYATA KREDIT PENAWARAN !!!

    Segala puji bagi Allah, yang Anda cari pinjaman? silahkan saya sarankan semua orang di sini sangat hati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di sini. Saya telah menjadi korban dari sebuah pemberi pinjaman 8-kredit palsu, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri. saya baru saja keluar dari penjara dan seorang teman saya memperkenalkan saya ke kreditur pinjaman yang saya mencoba karena saya tidak punya pilihan selain untuk mencoba pinjaman asli dan pemberi pinjaman. Saya mendapat pinjaman saya dari CHLOEMORRISLOANFIRM tanpa stres, jadi saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menghubungi CHLOEMORRISLOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. chloemorrisloanfirm@gmail.com,.
    Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang harsiniyono@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    BalasHapus
  2. Halo, saya Mrs.Clara, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Claraloan@financier.com
    Customer Care: +447045730449

    BalasHapus
  3. Halo semua,

    Saya ibu Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang di dalam kamu kredit Bad? Anda perlu meningkatkan finansial? Aku telah didaftarkan dan disetujui oleh kerajaan untuk mengontrol lembaga finansial. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi-reputasi dan individu untuk tingkat Tersedia di 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan Intl untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan yang bisa membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank didukung untuk apa yang pernah Anda terima bank di negara tersebut. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui
    sandraovialoanfirm@gmail.com

    Terima kasih
    Sandra perusahaan Ovia Pinjaman
    Ibu Sandra Ovia

    BalasHapus
  4. terima kasih ilmunya dan izin share ya..

    BalasHapus
  5. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  6. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    BalasHapus
  7. Good Day Sir / Madam:
    Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar Untuk klien
    yang memiliki kebutuhan keuangan. Masalah kredit dan agunan yang
    sesuatu yang klien selalu khawatir tentang ketika mencari pinjaman
    dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi Joyce Roland Pinjaman Perusahaan telah membuat
    bahwa perbedaan dalam industri pinjaman. Kita dapat mengatur untuk pinjaman
    dari kisaran $ 5,000.00 sampai $ 500.000,00
    Layanan kami meliputi:
    Konsolidasi hutang
    Hipotek kedua
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman International
    Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Guarantee.All Anda harus
    lakukan adalah mari kita tahu persis apa yang Anda inginkan dan kami pasti akan membuat Anda
    mimpi yang menjadi kenyataan. Joyce Roland Pinjaman Perusahaan. mengatakan YES ketika bank Anda mengatakan TIDAK.
    Terakhir, kami mendanai skala kecil perusahaan pinjaman, perantara, skala kecil
    lembaga keuangan karena kita memiliki modal terbatas. Untuk selanjutnya
    Rincian untuk pergi tentang pengadaan kontak pinjaman kami, Mohon menanggapi
    segera email ini di: joycerolandloancompany@gmail.com.
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  9. Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
    Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
    Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
    * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Mobil
    lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

    Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
     
    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  10. i Mrs Eriani dari Surabaya, Indonesia, saya menggunakan meduim untuk menginformasikan saudara-saudara bagaimana saya mendapat pinjaman dari ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal saya tidak punya uang semua orang menolak saya saya, bank saya regetted saya sampai paman saya memperkenalkan saya ke ibu yang baik Gabriella, dia memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya tanpa collataral dengan tingkat bunga hanya 2%, shes kuman saver jiwa mungkin Tuhan terus memberkati dia untuk pekerjaan baik dari nya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda saya akan mendorong Anda untuk menghubungi ibu yang baik di perusahaan emal gabriellaeleanorloanfirm@gmail.com Anda selalu dapat menghubungi saya untuk saran pada guidlines pada pribadi saya email di erianidesi41@gmail.com

    BalasHapus
  11. Dalam dunia internet komunikasi mulus, mencari dana keuangan dapat dilakukan dari kenyamanan rumah Anda asalkan Anda tulus dan ingin pinjaman.
     Apakah Anda membutuhkan pinjaman nyata ?. Lupakan penipuan, masih banyak perusahaan keuangan asli. Apakah Anda pernah ditolak oleh lembaga keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, khawatir tidak lagi karena @ JESSICABROWNFINANCEFIRM kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman dan berpengalaman yang memberikan pinjaman bebas kerumitan untuk individu dan badan hukum yang serius, baik itu perusahaan, perusahaan dan kepada publik, pada tingkat bunga yang sangat rendah kurang dari 5%. Kami memiliki akses ke kolam uang tunai untuk diberikan kepada Kecil dan perusahaan skala menengah dan orang-orang yang memiliki rencana untuk memulai bisnis, tidak peduli seberapa kecil. Yakinlah kesejahteraan dan kenyamanan adalah semua kita di sini untuk memastikan. Dapatkan berhubungan dengan layanan pelanggan @ email kami: jessicabrownfinancefirm@gmail.com ........ Untuk respon cepat dan cepat
     
     
    KITA PERLU BERIKUT DARI ANDA,
     
     
    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Kerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan Bulanan
    8. Jumlah yang dibutuhkan
    9. Durasi Pinjaman
    10. Agama
    11. Apakah Anda menerapkan sebelum dan ditolak? Jika ya
    12. Negara alasan ..........................................
    .................................................. .........
    .................................................. ..........
    .................................................. .........
    .................................................. .........
     
     
     
    Kami ingin membantu Anda

    BalasHapus
  12. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  13. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  14. Baru Pinjaman Penawaran !
    Ini adalah kesempatan baru lagi, apakah Anda secara finansial turun? Apakah bisnis Anda menangis demi kebangunan rohani, apakah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? Tidak menemukan lagi, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk memungkinkan mereka membangun bisnis mereka sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com dan isi formulir di bawah ini.

    DATA BORROWER
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis Kelamin: ........ ..........
    5) Status Perkawinan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... 7) Nomor Telepon: .................. ......... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) bulanan ...... ....... ............
    10) Durasi Pinjaman: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ...... ......
    13) Tanggal lahir: ........................

    Mohon melamar perusahaan yang sah, kesuksesan Anda adalah tujuan kami.

    BalasHapus

  15. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 2%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 2 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com
    dangotegrouploan.wordpress.com

    BalasHapus
  16. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus
  17. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis sendiri, Anda berhutang, inilah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha , Dan pinjaman korporasi, dan segala jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%. HURRAY !!! Hampir sampai akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Loan Firm, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individual dengan senyuman di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Pinjaman Bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  18. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  19. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  20. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  21. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com
    Dan Anda juga bisa menghubungi kami melalui whatsApp dengan nomor ini
    +1518 601 1973

    BalasHapus
  22. KABAR BAIK

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
    Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
    Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
    Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
    Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
    Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
    Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
    Organisasi swadaya
    Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
    Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
    48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
    Segera, kami siap melayani anda
    Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji

    BalasHapus
  23. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  26. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  27. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  28. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  29. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  30. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  31. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman palsu di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu.

    Saya telah menjadi korban penipuan pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasinya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

    Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda sebaiknya menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

    Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Nomor kontak dewan direksi: +12512278012
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  32. KABAR BAIK
    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, semuanya dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang berpikir mungkin tindakan berikutnya saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata jadi saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com Whatsapp + 19145295708tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00,00 dan sisanya untuk Kemuliaan Allah saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa sehingga orang-orang terkasih jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menelepon atau WhatsApp saya di +6282385590743 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan facebook di Hadi emi dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    BalasHapus
  33. Halo semua
    Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di bataan orion, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota dari Orion. tempat tinggal saya dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat frustrasi karena kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang pada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil Susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya sedang diproses dan dilanjutkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ibu KARINA ROLAND jadi Saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Email. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya selesaikan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya : (josephinejum interviewaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai Mrs. KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  34. Hubungi kami:
                                                via :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  35. Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% pembiayaan dengan dokumentasi minimal. Silakan email kami: {donnahallfundingllc@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga kami dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan pinjaman

    BalasHapus
  36. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

    tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    BalasHapus
  37. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan hati Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis , pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%. HURRAY !!! Ini hampir mencapai akhir tahun ini dan kami berada di DONNAHALL FUNDING LLC, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email: (Donnahallfundingllc@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap:
    Negara:
    Seks:
    Usia:
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Penghasilan Bulanan / Tahunan:
    Tujuan Pinjaman:
    Nomor ponsel:
    Agama:
    Apakah Anda memiliki jaminan:
    Apakah kamu berbicara bahasa Inggris:

    Donnahall Funding LLC
    (Donnahallfundingllc@gmail.com)

    BalasHapus
  38. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan hati Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis , pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%. HURRAY !!! Ini hampir mencapai akhir tahun ini dan kami berada di DONNAHALL FUNDING LLC, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email: (Donnahallfundingllc@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap:
    Negara:
    Seks:
    Usia:
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Penghasilan Bulanan / Tahunan:
    Tujuan Pinjaman:
    Nomor ponsel:
    Agama:
    Apakah Anda memiliki jaminan:
    Apakah kamu berbicara bahasa Inggris:

    Donnahall Funding LLC
    (Donnahallfundingllc@gmail.com)

    BalasHapus
  39. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  40. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stress. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirimkan langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019

    mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya 800 juta
    perusahaan investasi pinjaman christael Missan
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019

    BalasHapus
  41. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya merasa bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu membeli tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020,00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini>>>>>>>>>>>>>>>> ( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  42. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  43. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU TERAKHIR. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores J Miguel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / tekanan, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan tanpa rasa sakit melalui Whatsapp +19292227023 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Miguel mengarahkan Anda Semoga Sukses

    BalasHapus
  44. PELUANG PINJAMAN !!!!!
    Anda tidak pernah terlalu muda untuk memulai sebuah kerajaan dan tidak pernah terlalu tua untuk memulai mimpi baru. Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir; itu membutuhkan keringat, tekad dan kerja keras. Dapatkan pinjaman dari kami hari ini untuk membantu Anda memasuki dunia baru kebebasan finansial Untuk Info lebih lanjut tentang cara mendaftar, Hubungi saya atau Email @: raymondwong@altafinance.org
    atau Whatsapp: 1213 433 3059 atau +62 8389943492

    BalasHapus
  45. CasinoSloto Review ᐈ 100% up to €200 + 100 Free Spins
    CasinoSloto is 포커 용어 an all-in-one provider of online 카드 게임 종류 casino games, powered 슬롯 추천 by Evolution Gaming software. It is a trusted brand 텐벳 먹튀 with an outstanding gaming 골드머니

    BalasHapus